Mengubah Ekstensi File

Written By Iwan K on Sunday, April 8, 2012 | 9:01 PM


Assalamu'alaikum Wr. Wb
Bagaimana jika kita ingin melihat ekstensi file? Ektensi file atau beberapa orang menyebutnya Format file adalah sebuah identitas dari file tersebut. Misalkan kamu memiliki file yang bericon file ms-word, sudah bisa dipastikan bahwa file kamu berektensi *.doc atau mungkin *.rtf. Bagaimana cara saya mengetahui hal tersebut?
Coba perhatikan langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Control Panel (start --> control panel)

2. Pada Contol Panel, klik Appearance and Themes

3. Kemudian klik Folder Options

4. Buka Tab View, uncheck (hapus tanda check) pada bagian Hide extension for know file types

5. Klik OK

Lihat pada salah satu file ms-wordmu, kamu akan melihat e kstensi filemu seperti ini: Nama_File.doc atau Nama_File.rtf

Lalu bagaimana kita me rename ekstensi file tersebut? Caranya hanya klik kanan pada file yang ingin kamu rubah file ekstensinya kemudian pilih Rename, ganti teks yang berada dibelakang tanda titik misalkan Nama_File.txt menjadi Nama_File.doc atau Nama_File.rtf.

Peringatan! Jika kamu mengganti ekstensi file sesuka-sukamu maka hasilnya akan tidak mengenakan. Misalkan merubah Nama_File.txt menjadi Nama_File.bau, file tersebut yang seharusnya bisa dibuka dengan Notepad, malah tidak bisa dibuka sama sekali dan akan ada sebuah message box yang bertuliskan bahwa windows tidak bisa membuka file ini dan meminta anda untuk mencari software yang tepat untuk membukanya.

File berjenis *.exe bisa kamu ganti dengan *.scr atau *.com atau *.pif. Jika kamu merubah file *.exe mu menjadi *.pif, maka icon filemu akan berubah sama halnya jika kamu merubah file *.exe mu menjadi *.com. Dan saya tidak menyarankan anda untuk mengubah ekstensi file walaupun hanya coba-coba kecuali jika kamu sudah cukup mengerti dalam hal memperbaiki kesalahan yang kamu buat.

Dan jika settingan di komputermu bisa melihat ekstensi file, saya sarankan untuk mengulangi langkah diatas dengan sedikit perubahan di nomor 4 (uncheck menjadi check). Jika kamu tetap membiarkan settingan komputermu tetap seperti itu, saya ingatkan untuk hati-hati dalam me-Rename file, karena jika kamu me-Rename file dengan keadaan seperti itu, maka sudah bisa dipastikan ekstensi file mu akan ikut ter-Rename juga, saran saya adalah jika kamu merename file mu dengan settingan pada komputermu tetap seperti itu, blok teks yang hanya ada didepan tanda titik kerena yang dibelakang titik adalah ekstensi filemu.

0 comments:

Post a Comment